Tanya Apa sih Paket C itu?


Tanya -Apa sih sekolah Paket C itu?

Jawab- Sekolah paket C adalah pendidikan luar sekolah yang di selenggarakan oleh Pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Tingkat pendidikan kesetaraan yaitu Paket C setara SMA, Paket B setara SMP paket A setara SD.

UNBK- Ujian Nasional Berbasik Komputer PAKET B dan C

Tanya - apa itu ujian paket C ?
Jawab- Ujian Paket C adalah bagian dari Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan, yaitu ujian yang diberikan kepada mereka yang nggak mengikuti pendidikan formal tapi ingin mendapatkan ijazah. Paket C, adalah untuk mereka yang ingin dapat ijazah setara SMA, paket B untuk pendidikan setara SMP, dan paket A untuk pendidikan setara SD.

Tanya- Saya putus sekolah kelas 1 SMA, dan itu sudah 4 tahun yang lalu. Apa saya bisa ikut Ujian Paket C? Berapa sih batas umur untuk mengikutinya?

Jawab- tidak ada batasan umur tertentu dan siapa aja bisa mengikutinya. Dari yang tidak pernah sekolah, yang putus sekolah, yang nggak lulus UN, yang tidak  mengikuti pendidikan formal (homeschooling), dan mereka yang sudah di usia kerja tapi belum punya ijazah, semua boleh ikut program ini.


Apa hasil yang didapatkan dari ujian Paket C?

Jawab-hasilnya adalah  mendapatkan ijazah yang status ijazahnya sudah disamakan dengan ijazah yang diperoleh lewat Ujian Nasional (UN). Perbedaannya hanya pada tandatangan di ijazahnya. Kalau ijazah formal yang tandatangan adalah kepala sekolah, sedangkan untuk Paket C, yang tandatangan adalah kepala dinas pendidikan kota/kabupaten setempat atau PKBM yang terakreditasi

Tanya- Rencananya tahun depan aku mau ikut Paket C, apa ijazahnya bisa dipakai untuk mendaftar kuliah atau melamar kerja?

jawab- Tentu aja! Ijazah Paket C bisa digunakan untuk mendaftar ke perguruan tinggi, baik swata maupun negeri. Untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ijazah paket C bisa diterima melalui jalur Seleksi Bersama Nasional (SBMPTN) dan jalur mandiri. Untuk jalur Seleksi Nasional (SNMPTN) ijazah tersebut belum bisa, karena SNMPTN hanya diselenggarakan untuk pendidikan formal saja. Dan tentu kamu bisa menggunakan ijazahnya untuk melamar kerja!

Tanya- saya baru ikut ujian Paket C, tapi hasil ujian Paket C-ku belum keluar. Padahal syarat utama untuk ikut SBMPTN adalah keluarnya nilai UN. ?

Jawab - Peserta SBMPTN harus lulus dari sekolah dan UN SMA/MA/SMK/MAK atau Ujian Kesetaraan yang setara dengan 3 tahun terakhir dan telah memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara. Khusus bagi peserta Paket C, hanya boleh mengikuti SBMPTN jika sudah memiliki Ijazah Paket C. Bila nilai Paket C belum terbit pada saat pelaksanaan SBMPTN tahun berjalan, silakan mengikuti SBMPTN di tahun berikutnya.

Tanya- Dimana saya bisa mendaftar sekolah Paket C?

Jawab - Anda bisa datang ke tempat kami langsung ke Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat wong sing gesit Tangsel


Alamatnya:
1. PKBM Gesit Tangsel -  Jl. Menteng Raya Blok B No.19, Griya Jakarta Pamulang, Kota Tangerang, Selatan,, Pamulang Barat, Pamulang, West Pamulang, Pamulang, South Tangerang City, Banten 15414
Phone: 0838-1396-0556

2. PKBM Gesit Zamrud jl.musyawarah ciputat Kecamatan Ciputat, Tangsel Banten , Indonesia Kode pos 15413   (Jl. Elang IV No.61, Sawah Lama, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413)
Province: Banten
Phone: 0838-1396-0556

Website:
https://pkbmgesit.blogspot.co.id/


Comments